Selat Nasik Prioritaskan Infrastruktur dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan

Selat Nasik,- Media center Melalui tema “Kita Tingkatkan Infrastruktur yang Mendukung Kawasan Strategis”, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Selat Nasik Tahun 2021 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Selasa (11/2/2020) di Kantor Camat Selat Nasik.
Plt. Camat Selat Nasik, Azhari, S.IP, M.Si menjelaskan bahwa usulan yang akan disampaikan dalam Musrenbang kali ini sebanyak 101 usulan dengan usulan prioritas di bidang infratruktur dan pengembangan wilayah. Infrastruktur tersebut antara lain talut pantai disepanjang pulau gersik.
Ditetapkannya Selat Nasik Sebagai Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) menurut Azhari, secara otomatis juga membuat usulan yang disampaikan menjadi prioritas dari berbagai pihak yang terkait.
Namun demikian, Azhari juga menjelaskan, melalui PraMusrenbang yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari yang lalu, usulan dibagi menjadi dua, yaitu usulan yang bisa dilaksanakan APBDes dan tingkat ksulitannya sederhana akan dipisahkan, sementara usulan yang tingkat kesulitannya tinggi serta nominalnya besar akan diusulkan keranah yang lebih tinggi.
Semantara itu Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si dalam sambutannya menekankan agar musrenbang kali ini sebisa mungkin menjadi ajang kompromi dan kolaborasi agar apa yang disampaikan tidak hanya diusulkan, namun apa yang diusulkan agar bisa benar-benar terwujud, sehingga musrenbang ini bisa melahirkan pembangunan yang optimal.

Tidak hanya itu, Isyak juga meminta agar desa-desa yang memberikan usulan, bukan hanya sekedar usulan, namun sudah terkonsep dan juga merupakan prioritas sehingga untuk pelaksanaan kedepannya akan lebih mudah dan tentunya program yang diusulkan tidak hanya untuk jangka pendek, namun untuk jangka panjang dan berkesinambungan.

Isyak juga menyarankan, dengan potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Selat Nasik, kedepannya Selat Nasik bisa menjadi Lumbung Kebutuhan Pasar yaitu mensuplay kebutuhan pasar seperti sayur-sayuran, bumbu-bumbu serta bahan pokok makanan lainnya sehingga Belitung tidak lagi mengirim barang dari luar dan tentunya hal ini akan meningkatkan perekonomian di Selat Nasik.

Diakhir sambutan, Isyak berharap agar Selat Nasik tidak hanya bagus dalam hal infrastruktur, tapi juga akan menemukan jati diri ekonominya sehingga ada keseimbangan antara infrastruktur dan pertumbuhan ekonominya. (Mc-Belitung/Marvianty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *