Potensi Kecamatan Selat Nasik, Pendukung Sektor Kelautan

Petaling, Media Center – Matahari ba’da Ashar masih terasa terik saat Bupati dan rombongan di pelabuhan Tanjung Nyato pada Jumat, (10/05/2019) sore. Lebih dari 100 orang, dari eselon II hingga staf ikut menumpangi 2 motor laut menuju desa Petaling, kecamatan Selatnasik. Acara ini rutin adanya tiap kali Ramadhan sebagai bentuk silaturahmi pimpinan daerah dengan masyarakat di tiap-tiap kecamatan.

Setiba di pelabuhan Tanjung Nyato, Petaling, Plt.Camat Selatnasik dan kades Petaling Asnawi menyambut dengan menyalami tiap orang yang turun dari perahu. Rombongan kemudian diangkut dengan beberapa kendaraan seperti; bus, truck, pick up. Perjalanan menuju lokasi menempuh jarak sekitar 4 kilometer dengan jalan yang relatif mulus.

Tiba di masjid At-Taubah ternyata masyarakat Petaling sudah siap menanti. Berkelakar sebentar, tak lama adzan magrib pun berkumandang. Selepas magrib rombongan diajak berpindah ke Gedung Serbaguna. Di dalam gedung telah berjejer lebih dari 40 dulang (tempat menaruh makanan berbentuk bulat terbuat dari besi) khas Belitong. Ikan, kerang, cumi, dan beberapa bahan lainnya tertata rapi di atas dulang yang menggambarkan potensi kelautan di pulau ini. Rombongan kemudian kembali ke masjid untuk sholat isya, tarawih, dan witir.

Selesai ibadah Tarawih dan Witir, Kades petaling menyampaikan terima kasih atas kedatangan rombongan safari ramadhan. Tidak lupa menyampaikan syukur atas pembangunan di desa ini.

” Alhamdulillah pembangunan jalan di desa kami sudah selesai. Hanya saja kalau malam agak susah, jalan kesana belum ada penerangan,” kata Kades Petaling Asnawi

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sanem menyebutkan bahwa saat ini Selat Nasik merupakan 10 kawasan prioritas pembangunan pedesaan nasional, terutama infrastruktur. Jadi sangat besar kemungkinan ada pembangunan yang dilakukan di selat nasik, termasuk desa petaling. Jadi sangat memungkinan nantinya untuk dibangun fasilitas-fasilitas pendukung

“Saya harap program ini nantinya dapat dimanfaatkan pemerintah kecamatan dan desa dengan sebaik-baiknya,” ungkap Bupati Sahani.

Bupati Sahani menaruh harapan besar pada kecamatan ini karena merupakan salah satu penyanggah pelabuhan tanjung batu. Pelabuhan Petaling juga nantinya diharapkan mampu pendamping pelabuhan ikan di Tanjungpandan yang kian padat. (Arlan/IKP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *